Mengenal Wira Paksi Sakti (WPS) SMK Negeri 2 Surakarta - OSIS SMAKADUTA
Headlines News :
Home » » Mengenal Wira Paksi Sakti (WPS) SMK Negeri 2 Surakarta

Mengenal Wira Paksi Sakti (WPS) SMK Negeri 2 Surakarta

Written By Unknown on Selasa, 17 Juli 2012 | 00.59

Wira Paksi Sakti. Udah tahu belum? Hehe.. Pasti udah ada yang tahu. Oke deh.. Kami mau kasih sedikit penjelasan mengenai organisasi yang satu ini. Check this out!

Wira Paksi Sakti atau yang biasa disingkat WPS adalah ekstrakurikuler sekaligus organisasi yang ada di SMK Negeri 2 Surakarta yang berada di bawah naungan OSIS. Ekskul ini beranggotakan 36 orang untuk setiap angkatannya. Dan tahukah kamu sebenarnya ini ekskul apa? Hehehe.. Okey.. Kegiatan yang dilakoni ekskul ini salah satunya adalah menjadi petugas pengibar bendera. Sudah tahu kan? Yupz.. PASKIBRA.

Ekstrakurikuler yang satu ini juga merupakan organisasi karena memiliki struktur kepengurusan di dalamnya. Dan susunan pengurus dari WPS adalah sebagai berikut:
  • Komandan (tugasnya untuk menghandle kegiatan di lapangan).
  • Danton 1 - 4 (tugasnya untuk membantu tugas komandan di lapangan).
  • Ketua 1 (tugasnya menghandle kegiatan di dalam ruangan atau yang berurusan dengan organisasi).
  • Ketua 2 (tugasnya membantu kerja dari ketua 1).
  • Sekretaris 1 (tugasnya seperti sekretaris pada umumnya).
  • Sekretaris 2 (tugasnya membantu kerja sekretaris 1).
  • Bendahara 1 (tugasnya mengatur sirkulasi keuangan).
  • Bendahara 2 (tugasnya membantu kerja bendahara 1).
  • Seksi humas (tugasnya menjadi penghubung antara organisasi dengan pembina dan orang-orang yang diluar organisasi).
  • Seksi perlengkapan (tugasnya mengurusi perlengkapan-perlengkapan yang ada di organisasi).
  • Anggota

Oh ya, organisasi ini tidak mengenal yang namanya "mantan". Karena organisasi ini keanggotaannya untuk seumur hidup. Jadi, sampai dia tua pun tetap saja menjadi anggota WPS. Begitu kawan-kawan.. Organisasi ini dulunya bernama PAGASUS. Lalu diubah menjadi WIRA PAKSI SAKTI. Tahu tidak kegiatan apa aja yang dilakoni ekskul yang satu ini? Kegiatannya yang utama itu menjadi pengibar bendera dalam upacara-upacara rutin hari Senin maupun upacara-upacara hari besar. Tugas pertama dan utama dari ekskul ini adalah mengibarkan bendera pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia setiap 17 Agustus. Terdiri dari 3 kelompok yaitu Pasukan Delapan (Paspan), Pasukan Petugas (Pasgas), dan Pasukan Tujuh Belas (Pasjub). Paspan bertugas untuk mengibarkan bendera pusaka yang mana dilaksanakan oleh 3 orang sebagai pengibar, bendera tengah, dan pembentang. Pasgas bertugas untuk menjadi petugas upacara seperti protokol, pembaca UUD, pembaca doa, dirigen, ajudan, pembawa pancasila, danton, dan pemimpin upacara. Pasjub bertugas untuk mengiring paspan saat memasuki dan keluar dari lapangan upacara.

Selain menjadi petugas dalam setiap upacara, WPS juga melaksanakan kegiatan lainnya. Adapun kegiatan-kegiatan itu adalah lomba-lomba yang diselenggarakan di karisidenan Surakarta maupun di luar Surakarta, kegiatan rapat tahunan, bakti sosial, dan lain-lain. Dan ini biasanya tercantum dalam program kerja WPS untuk tiap angkatan. So, bisa saja tiap angkatan memiliki kegiatan yang beda-beda selain kegiatan inti yang sudah kami sebutkan di atas. Oh, ya. WPS juga melakukan latihan gabungan dengan sekolah-sekolah lain guna untuk menambah pengalaman dan wawasan mengenai perkembangan PBB. Dan juga biasanya melakukan latihan gabungan dengan PPI Surakarta.

Umm.... Mungkin cukup itu saja yang kami jelaskan. Informasi-informasi yang lain menyusul. Setidaknya dari informasi yang kami berikan di atas sudah mampu memberimu gambaran tentang WPS. Terima kasih atas kunjungannya.. Semoga bermanfaat. (^.^)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. OSIS SMAKADUTA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template